Header Ads

Emas Kulindigi Menjadi Salah Satu Tempat Mencari Uang

Photo : Doc Intan Jaya















Pendulangan emas di kulindigi, desa wandoga, Sugapa, Intan Jaya; sudah mulai beroperasi dengan alat manual sejak awal maret tahun ini oleh penduduk daerah setempat. Awalnya, tempat pendulangan emas tersebut ditutup atas mufakat bersama  karena beberapa orang meninggal dunia akibat tertimbun tanah saat melakukan aktivitas dulang.

 Kalau mendulang emas secara manual dengan mengandalkan energy adalah kerja yang paling payah dibanding kerja fisik lain, namun kami kembali mendulang emas karena tidak ada jalan lain untuk mendapatkan uang. Walaupun hasil sehari dulang dapat 3 sampai 5 kaca, itupun kurang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari kami.”kata aem” (via telephone).
Menurutnya, ketika menjual hasil kebun di pasaranpun sudah tidak ada pembeli lagi. Biasanya hasil kebun mereka terjual habis karena pembeli kebanyakan dari pegawai staf. 
Semua kantor dinas  di Kab.Intan Jaya sementara untuk beberapa tahun sudah pindah ke Kab.Nabire jadi sudah tidak bisa lihat uang oleh masyarakat, akhirnya salah satu jalan mencari uang adalah kembali mendulang emas. “tandasnya” (sambil tutup telephone).

Geen opmerkings nie

Kami menghargai masukan dari anda. Mohon beri tahukan kepada kami apabila terdapat kekeliruan untuk perbaikan blog kami.

Aangedryf deur Blogger.